RJM Express

Jasa Kirim Motor Jakarta ke Medan

Jasa Kirim Motor Jakarta ke Medan

Kebanyakan orang merasa ragu jika ingin mengirim barang berharga ke luar kota atau luar negeri melalui jasa pengiriman. Pasalnya memang banyak resiko kerusakan barang saat proses pengiriman. Salah satunya adalah jasa kirim motor ke Medan. Namun bukan hal mustahil lagi di jaman sekarang.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Sekarang bukan hanya barang-barang kecil saja yang bisa dikirim sampai ke luar pulau, perabot rumah, furniture, alat elektronik semua tinggal bawa ke jasa ekspedisi saja. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak kirim barang antar pulau:

1. Pastikan Sudah Cek Kondisi Sepeda Motor

Kirim sepeda motor bukanlah hal bisa dianggap remeh. Jarak antar kota saja banyak hal yang harus diperhatikan apalagi jika di seberang pulau yang berbeda. Salah satu yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari adalah cek kondisi pada sepeda motor, seperti bagian body dan mesin.

Cek dengan teliti bagian kerangka sepeda motor, foto fisiknya, kemudian bisa Anda kirimkan pada orang yang ada ini untuk mengurangi resiko pencurian secara ilegal salah satu body yang ada di motor. Lalu pastikan mesin dalam keadaan fit, jadi setelah sampai di tempat tidak ada kendala penyerahan

2. Asuransi Keselamatan Selama Pengiriman

Saat proses survei pemeriksaan sepeda motor di tempat, akan diberi pertanyaan perihal layanan asuransi untuk back up selama pengiriman. Lebih baik Anda tidak menolaknya, karena ini sangat bermanfaat bagi barang-barang besar bernilai jual tinggi dan beresiko lebih besar mengalami kerusakan.

Jika di perjalanan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda  tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi karena sebagian sudah di tangani oleh pihak asuransi. Namun, cukup membayar ongkos kirim yang sudah ditetapkan saja oleh penyedia layanan jasa.

3. Packing yang Aman dan Terlindungi

Hal penting selanjutnya yang harus benar-benar diperhatikan adalah cara packing barang dengan tepat dan aman. Saat pengiriman barang dengan resiko rusak lebih besar pastinya memerlukan perlakuan lebih khusus, seperti barang elektronik, furniture, pecah belah, sepeda motor dan semacamnya.

Untuk packing sepeda motor biasanya menggunakan dus dilapisi bubble wrap atau jenis perlindungan yang lain sesuai ketentuan pihak jasa layanan. Jika Anda merasa tidak kompeten untuk urusan ini sebaiknya membayar biaya lebih sedikit agar packing diurus oleh agen pengiriman.

4. Sistem Keamanan Harus Terpercaya

Setelah menyerahkan berkas-berkas kepada pihak agen pengiriman, bukan berarti Anda lepas begitu saja. Namun, usahakan untuk selalu cek selama proses perjalanan barang tersebut. Bisa kontak dengan Cs yang berkaitan atau melalui resi yang diberikan kepada Anda.

Untuk itu jangan sampai salah menuliskan nomor dan biodata form di barang yang hendak dikirim. Jika terdapat barang terdapat kerusakan atau tertukar bisa segera dilacak dan dikonfirmasi. Selain memperhatikannya, Anda juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk pengiriman.

Syarat-syarat Jasa Kirim Motor Jakarta ke Medan

Untuk menjamin keamanan saat proses pengiriman barang luar pulau, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen kelengkapan sepeda motor. Ini untuk meminimalisir resiko motor hilang saat perjalanan apalagi via laut dengan volume massa atau kerumunan yang lebih besar.

1. Menyertakan Dokumen Lengkap

Syarat utama pengiriman sepeda motor luar pulau adalah dengan menyertakan dokumen lengkap seperti fotocopy STNK atau BPKB. Serta adanya identitas lengkap dari pemilik seperti E-KTP. Jika tidak lengkap maka akan ditolak, peraturan ini dijalankan oleh semua ekspedisi yang beroperasi.

Saat pengiriman via darat, laut, maupun udara polisi dan pihak-pihak yang bertugas akan memeriksa kelengkapan dokumen, jika ekspedisi masih nekat maka sama saja izin operasi akan dibekukan karena berani mengirim motor dalam keadaan bodong.

2. Dokumen Lengkap Pengirim dan Penerima

Selain kelengkapan dokumen kendaraan bermotor Anda juga akan dimintai dokumen lengkap orang yang menerima di tempat tujuan. Perhatikan Nama Lengkap (sesuaikan dengan E-KTP nya), data Alamat lengkap juga demikian, serta nomor telepon yang aktif, sertakan lebih dari dua juga tidak masalah.

3. Syarat untuk Sepeda Motor Kredit

Banyak yang bertanya, lalu bagaimana jika kondisi sepeda motor masih belum lunas atau berstatus kredit? Anda bisa meminta surat keterangan dari pihak leasing yang terkait. Jadi tidak akan dicurigai hasil jarahan atau curian, bahkan juga aman dan terhindar pemeriksaan dari pihak terkait.

Walaupun kredit dan belum ada BPKB Anda tetap harus memakai asuransi keselamatan agar tidak terlalu khawatir terkait keamanan barang tersebut. Kemudian jangan lupa kosongkan bahan bakar, keringkan tangki, jangan tersisa sedikitpun.

Tips memilih Jasa Pengiriman Aman dan Terpercaya

Banyak orang sering mengeluhkan banyak hal yang merugikan saat melakukan pengiriman barang berat seperti sepeda motor sampai ke luar pulau. Seperti body jadi lecet, ada bagian yang hilang, jadwal tidak tepat waktu, dan semacamnya.

Untuk itu memilih jasa ekspedisi yang aman dan terpercaya menjadi hal penting, berikut langkah mudahnya:

1. Perhatikan Packaging

Usahakan pilih ekspedisi yang menyediakan jasa packing barang. Dengan begitu sisi body motor bisa terlindungi dengan baik. Selama proses membungkus, sebaiknya Anda juga melihat langsung bukan menyerahkan semua urusan tersebut dan tidak mengawasinya dengan baik.

Bila perlu mintalah layanan ekspedisi membungkus seluruh body motor secara rapat, atau melapisinya dengan bubble wrap supaya semakin aman. Walaupun nanti akan dikenakan biaya tambahan yang tidak sedikit, namun setidaknya barang sampai dengan aman tanpa tergores atau ada yang hilang.

2. Beri Minyak Pelumas pada Bagian Mesin yang Penting

Jarak antara penyerahan sepeda motor sampai ke tempat tujuan yang ada di luar pulau bukanlah hanya 1 atau 2 hari, melainkan bisa sampai 2 minggu. Selama proses tersebut mesin akan dimatikan, agar saat sampai di tangan penerima barang masih kondisi baik ada baiknya memberi pelumas pada mesin.

Bagian yang mudah karatan, korosi, macet harus diperhatikan dengan baik. Tidak lupa area mesin depan motor seperti rem, shockbreaker, juga diperhatikan. Lepas juga Aki agar tidak terjadi kebakaran pada mesin motor. Selain itu copot semua printilan seperti box belakang,atau spion, lampu malam dan lainnya.

3. Memberikan Resi

Cara mengetahui armada yang Anda pilih sudah tepat adalah dengan pengecekan resi. Jika saat setelah pembayaran tidak kunjung diberikan nomor resi, maka bisa dipastikan akan ada masalah kedepannya. Namun jika dibimbing dan selalu diinfokan proses perjalanan, maka sudah memilihnya dengan benar.

Jangan berpatokan pada ongkos kirim yang murah saja, sebab armada ekspedisi atau cargo yang bisa dipercaya biasanya tidak akan mengambil resiko memberikan harga relatif dibawah standar hanya untuk menggaet customer. Mereka akan memastikan barang selamat dengan ongkir sesuai standar.

Intinya, jangan sembarangan dalam memilih jasa kirim motor ke Medan. Pastikan pula memahami pihak ekspedisi dan juga proses pengirimannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *