RJM Express

Jasa Pengiriman Mobil Jakarta Medan

Jasa Pengiriman Mobil Jakarta Medan

Tren kegiatan pengiriman bukan lagi hanya berfokus pada barang-barang kecil. Moda transportasi seperti sepeda motor hingga truk juga bisa dikirim. Bahkan ke luar pulau sekalipun, maka perhatikan beberapa tips saat menggunakan jasa pengiriman mobil Jakarta Medan.

Tips Menggunakan Jasa Pengiriman Mobil Jakarta Medan

Melakukan pengiriman barang, terlebih mobil, tentunya sangat berisiko. Untuk meminimalisirnya, jasa ekspedisi yang dipakai harus memenuhi beragam persyaratan keamanan dan mengutamakan pelayanan. Ikuti beberapa tips-tipsnya berikut ini:

1. Memiliki Reputasi Baik di Mata Pelanggan

Pastikan jasa pengiriman yang akan Anda gunakan memiliki reputasi baik di mata pelanggan. Untuk mengetahuinya, bisa dilakukan dengan bertanya kepada teman terkait ekspedisi yang paling direkomendasikan.

Selain itu, juga bisa mencari tahunya sendiri dengan membaca situsnya di internet. Tidak ketinggalan, baca ulasan atau testimoni dari pelanggan. Semakin tinggi nilai bintangnya atau reviewnya, makin baik pula profesionalitas perusahaan tersebut.

2. Memiliki Jumlah Pelanggan Tetap dan Jangkauan Cukup Luas

Memilih jasa pengiriman mobil yang bagus, selain melihat ulasan, cari tahu pula seberapa banyak pelanggan tetapnya. Hal tersebut menjadi jaminan loyalitas perusahaan serta menjadi cerminan tersedianya pelayanan berkualitas terbaik.

Sebelum melakukan pengiriman, alangkah baiknya Anda memperhatikan jangkauan dari pihak pengirim. Apakah itu hanya sebatas antar kota, kabupaten atau provinsi saja. Jika memang bisa antar pulau seperti Jakarta Medan, maka memang layak untuk diperhitungkan.

3. Menyediakan Jaminan Asuransi

Perusahaan penyedia jasa pengiriman yang terpercaya harus menyediakan jaminan asuransi terhadap mobil yang dikirimkan. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu khawatir harus merogoh saku, mengingat mobilnya telah di cover oleh jasa asuransi cargo.

Asuransi yang ditawarkan akan berlaku mulai dari pengambilan mobil hingga sampai di lokasi akhir atau lokasi penerima. Pastikan hal ini masuk dalam surat kesepakatan sehingga ketika terjadi masalah, bukan malah pengguna yang kerepotan.

4. Memiliki Rekening Perusahaan dan Fasilitasnya

Pastikan pula saat masih riset, perusahaan penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih memiliki rekening perusahaan sendiri atau tidak. Pilihlah ekspedisi yang memiliki dokumen legal yang telah diverifikasi oleh pihak bank.

Beberapa perusahaan pengiriman barang pasti sudah menyuguhkan banyak fasilitas terbaik, seperti tracking, cek resi atau bahkan mau jemput barang langsung di depan pintu rumah Anda. Namun semua itu juga membuat harga yang dipasang semakin tinggi.

5. Tentukan Transportasi Terbaik

Pengiriman mobil biasanya menggunakan 3 macam transportasi yang bisa dipilih. Pertama, container, dimana barang kiriman disimpan dalam peti kemas biasa untuk luar pulau. Kedua, towing, ekspedisi menggunakan jenis armada truck engkel atau cdd dan tidak dicampur dengan lainnya.

Selanjutnya ada car carrier, merupakan proses ekspedisi mengharuskan mobil dikumpulkan jadi satu di dalam truk berukuran besar. Ini biasa dipakai untuk ekspedisi jalur darat antar kota atau provinsi. Sedangkan towing biasanya untuk pengiriman dalam kota.

6. Sesuaikan dengan Pendanaan Anda

Ada dua jenis layanan yang bisa dipilih untuk ekspedisi mobil. Pertama, proses kirimnya antar pulau dengan nama port to port. Kedua, juga melayani pengiriman ke tujuan tertentu atau istilahnya door to door.

Supaya lebih hemat pengeluaran, Anda bisa memilih jasa pengiriman model port to port karena biaya lebih murah. Jika tidak ingin ribet dan lebih cepat prosesnya, gunakan ekspedisi dengan model door to door.

7. Pahami Kapan Barang akan Dikirim

Di momen tertentu, jasa ekspedisi biasanya memiliki konsumen yang sangat banyak hingga layanan overload (kelebihan permintaan). Biasanya terjadi pada waktu sebelum lebaran atau natal dan tahun baru. Jadi hindari saat tersebut.

Hal ini digunakan sebagai sarana berjaga-jaga, apabila terjadi suatu gangguan pada salah satu layanan, yang lain masih bisa digunakan. Misalnya, karena gangguan cuaca, pengiriman jalur laut tertunda,sehingga dapat dialihkan ke bentuk pelayanan lainnya.

8. Keamanan Pengemasan

Pilih perusahaan ekspedisi yang menjamin keamanan pengemasannya. Karena hal ini akan menghindarkan barang dari kerusakan saat pengiriman hingga sampai tempat tujuan. Jadi pertimbangkan ada tidaknya hal ini.

Saat melakukan pengiriman barang, pastikan Anda didampingi pihak yang sudah terlatih. Sebab, mereka akan menunjukkan tata cara yang baik dan benar saat barang akan dikirim. Dengan begitu, tidak akan ada kerusakan sampai ke tujuan masing-masing.

9. Layanan Gratis Penjemputan

Akan sangat efisien bila jasa ekspedisi juga memiliki layanan penjemputan barang yang akan dikirim secara gratis sehingga konsumen tidak perlu datang ke perusahaan. Hal ini tentunya bisa menjadi nilai lebih bagi perusahaan tersebut.

Hal semacam ini berlaku dengan syarat dan ketentuannya masing-masing. Kebanyakan akan Anda dapatkan di beberapa promo menarik. Namun, jikalau ada biaya biasanya memang tidak banyak.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengiriman Mobil lewat Jalur Laut

Jalur laut bisa dipilih untuk jasa pengiriman mobil Jakarta Medan. Sebab melibatkan jangkauan daerah antar pulau. Bahkan, kapal yang digunakan pun bisa memuat banyak kendaraan beragam jenis atau juga bisa diisi barang-barang lain, seperti elektronik, buah-buahan dan lainnya.

Jasa Pengiriman Mobil Jakarta Medan

Jenis ekspedisi mobil melalui jalur laut memiliki kapasitas yang besar serta biayanya lebih murah, karena sekali jalan bisa membawa beragam jenis benda. Hal ini tentu akan menghemat biaya, tanpa perlu ragu untuk menggunakan jasa tersebut.

Selanjutnya, jalur laut memiliki lokasi yang sangat luas. Layanan ekspedisi ini ternyata juga bisa melakukan pengiriman hingga luar negeri. Tetap pastikan perusahaan yang Anda pilih menyediakan staf berpengalaman dan berkualitas, tentunya harus bisa dipercaya.

Tips Ketika Menerima Kiriman Mobil

Saat Anda mendapatkan kiriman mobil, entah milikmu sendiri atau hadiah, periksalah kondisi fisiknya. Sebab tak ada yang tahu apakah ketika berada di perjalanan, kendaraan masih mulus atau malah lecet-lecet. Maka perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Cek Dokumentasi Mobil yang Telah Dikirimkan

Anda bisa melakukan pengecekan terhadap mobil yang dikirim dengan cara checklist, surat jalan, atau berbentuk foto. Jadi, lakukan checking dengan menyesuaikan dokumentasi yang sudah disepakati pihak pengiriman dan pihak ekspedisinya.

Dokumentasi tersebut bisa Anda gunakan untuk mengecek setiap body mobil, dari bagian eksterior hingga interiornya. Apabila terjadi kerusakan selama pengiriman, segera klaim asuransinya. Jangan lupa langsung klaim asuransi saat terjadi kerusakan selama pengiriman.

2. Segera Ajukan Klaim Asuransi bila Terjadi Kerusakan

Apabila Anda menemukan ada bagian mobil yang rusak atau lecet dan memang baru terjadi saat proses pengiriman, maka bisa klaim asuransu. Hal ini harus dibuktikan dengan membandingkan dokumentasi sebelum dikirim dengan setelah sampai.

Namun, semua itu juga harus dilengkapi dengan bukti yang kuat dan akurat agar tidak dikira penipuan. Untuk nominal dari klaim itu sendiri yaitu sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Begitulah kiranya penjelasan tentang tips-tips menggunakan jasa pengiriman mobil Jakarta Medan dengan benar. Pastikan perusahaan ekspedisi yang Anda pilih dapat dipercaya dan memberikan pelayanan mumpuni

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *